Langsung ke konten utama

SISTEM OPERASI-KELUARGA MAC OS(MACINTOSH)

3)KELUARGA MAC OS

Mac OS adalah singkatan dari kata Macintosh Operating System. Mac OS diciptakan oleh perusahaan Apple Inc. dengan desain yang elegan tapi mudah digunakan oleh sang pengguna. Mac OS merupakan sistem operasi pertama yang menggunakan Graphical User Interface – GUI. Orang-orang penting pada Macintosh yaitu Bill Atkinson, Jef Raskin dan Andy Hertzfeld. Kata Macintosh diambil dari nama apel kesukaan Jef raskin ,McIntosh. Diperkenalkan pada tahun 1984, dan menjadi salah satu raksasa penguasa Operating System sekarang. Sejak tahun 2006, MAC OS telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86.
Baca Selengkapnya
Mac OS X adalah versi terbaru dari sistem operasi Mac OS untuk komputer Macintosh. Sistem operasi ini pertama kali dikeluarkan pada tahun 2001. Karakter "X" adalah nomor Romawi yang berarti sepuluh, di mana versi ini adalah penerus dari sistem operasi yang digunakan sebelumnya seperti Mac OS 8Mac OS 9. Beberapa orang membacanya sebagai huruf "X" yang terdengar seperti "eks". Salah satu alasan mengapa mereka menafsir sedemikian karena tradisi untuk memberikan nama sistem operasi yang berbasis Unix dengan akhiran "x" (misalnya AIX, IRIX, Linux, Minix, Ultrix, Xenix). dan Mac OS X Server juga dirilis pada tahun 2001. Pada dasarnya versi Server ini mirip dengan versi standardnya, dengan perbedaan bahwa versi Serverworkgroup dalam komputer berskala besar. Contoh fitur tambahan yang tersedia untuk versi ini adalah piranti lunak untuk menjalankan fungsi-fungsi seperti SMTP, SMB, LDAP dan DNS. Selain itu cara melisensinya juga berbeda. mencakup piranti lunak untuk keperluan manajemen dan administrasi Mac OS X adalah sistem operasi yang menggunakan kernel BSD sehingga beberapa kalangan mengatakan bahwa Mac OS X termasuk dalam keluarga Unix. Hal yang menarik dari OS ini adalah keindahan tampilannya sehingga menjadikannya panutan bagi pengembang desktop lain.

-
kelebihan Mac OS
1. Lebih stabil karena menggunakan UNIX
2. Multitasking.
3. Bisa mengenal file format windows.
4. Tampilan yang lebih glossy sehingga bagus untuk graphic design/multimedia.
5. Dokumen-dokumen yang dibuat di Mac bisa dibaca di OS yang lain, dan sebaliknya. Baik yang formatnya ‘generik’ (misalnya pdf, html, mp3, text) maupun yang formatnya khusus (misalnya .doc, .xls, .ppt). Asalkan ada program aplikasi (application) di kedua platform (Mac dan Windows) yang bisa membaca format tersebut.
6. Open source code sehingga Mac OS sulit dibajak.
7. Ada ‘Time Machine’ yang akan bekerja secara otomatis pada background tanpa mengganggu aplikasi yang dijalankan untuk mem-backup system yang sedang berjalan dan perubahan-perubahan pada data.
8. Ada program “sherlock“ yang tidak hanya mencari file pada harddisk dan dalam jaringan lokal, tapi juga dapat beraksi di Internet dan mencari berdasarkan keyword.
9. Macintosh memiliki keamanan terhadap virus, spyware, dan sebagainya. Hal ini menjadi alasan terbesar mengapa banyak orang memilih Mac karena untuk menghindari virus.
10.          Operating System Mac ini mudah digunakan dan mudah dipelajari. Karena sumbernya jelas, training centre-nya ada, dan secara umum ketika orang dihadapkan pada Mac OS mudah belajarnya.
11.          Mac memiliki jaminan kepastian dan support hardware yang jelas.

-
 Kekurangan Mac OS
1. Mahal.
2. Hanya cocok untuk graphic designer.
3. Mac OS tidak dapat digunakan bersama-sama sistem-sistem pengoperasian lain yang tidak menggunakan sistem Mac OS
4. Mac tidak bisa dirakit sendiri karena Apple sudah tidak memberi license buat perusahaan lain untuk membuat hardware yang bisa menggunakan Mac OS.
5. Software di Mac OS tidak begitu lengkap.
6.    Kurang cocok untuk aplikasi server dan game.


Dimana keluarganya,antara lain:
BERBASIS BETA

OS X 10.0 – Cheetah

Mac OS X versi 10.0, bernama "Cheetah", adalah rilis besar pertama dari Mac OS X, desktop Apple, dan sistem operasi server. Mac OS X v10.0 dirilis pada tanggal 24 Maret 2001 untuk harga US $ 129. Ini adalah penerus dari Mac OS X Beta Umum dan sebelum Mac OS X v10.1. Mac OS X v10.0 adalah keberangkatan yang radikal dari sistem sebelumnya "klasik" ​​operasi Macintosh dan jawaban lama yang paling ditunggu Apple untuk sistem operasi Macintosh generasi berikutnya. Versi ini memperkenalkan merek basis kode baru yang benar-benar terpisah dari Mac OS 9, serta semua sistem operasi Apple sebelumnya. Mac OS X memperkenalkan Darwin baru mirip Unix inti dan sistem yang sama sekali baru dari manajemen memori. Cheetah terbukti menjadi awal yang berbatu untuk garis OS Mac X, namun terganggu dengan fitur yang hilang dan masalah performa meskipun dipuji karena menjadi awal yang baik untuk sistem operasi masih dalam masa pertumbuhan, dalam hal kelengkapan dan stabilitas sistem operasi secara keseluruhan. Tidak seperti yang dirilis selanjutnya dari Mac OS X, versi nama bertemakan kucing tidak digunakan dalam pemasaran sistem operasi baru.

OS X 10.1 – Puma

Mac OS X versi 10.1, bernama "Puma", adalah rilis utama kedua dari Mac OS X, desktop Apple, dan sistem operasi server. Ia menggantikan Mac OS X v10.0 dan sebelum Mac OS X v10.2. Versi 10.1 dirilis pada tanggal 25 September 2001 sebagai 'update gratis' dari versi 10.0 ke versi 10.1. Sistem operasi ini dibagikan tanpa biaya oleh karyawan Apple setelah keynote speech Steve Jobs 'pada konferensi penerbitan Seybold di San Francisco. Hal ini kemudian didistribusikan kepada pengguna Macintosh pada tanggal 25 Oktober 2001 di Toko Apple dan toko ritel lainnya yang membawa produk Apple. Sistem operasi ini lebih diterima daripada Mac OS X versi 10.0, meskipun kritikus menyatakan bahwa sistem operasi ini masih kurang fitur dan terganggu dengan bug.

OS X 10.2 – Jaguar

Mac OS X versi 10.2 "Jaguar" adalah rilis utama ketiga dari Mac OS X, desktop Apple, dan sistem operasi server. Ia menggantikan Mac OS X v10.1 kode nama Puma dan sebelum Mac OS X Panther versi 10.3. Sistem operasi awalnya tersedia tanggal 23 Agustus 2002 baik untuk single-komputer instalasi, dan dalam "paket keluarga", yang memungkinkan lima instalasi pada komputer terpisah dalam satu rumah tangga. Sistem operasi ini umumnya diterima dengan baik oleh pengguna Macintosh sebagai langkah besar ke depan dalam bidang stabilitas, perangkat tambahan kecepatan umum, kompatibilitas dengan rasa lain dari Unix dan jajaran aplikasi garis baik grafis dan perintah yang tersedia. Namun, banyak kritikus yang masih mengklaim bahwa antarmuka pengguna yang signifikan masalah kecepatan ada dan bahwa sistem operasi itu masih langkah besar naik dari OS9. Jaguar adalah Mac OS X pertama rilis ke publik menggunakan nama kodenya dalam pemasaran dan iklan, sebuah praktek yang telah berlangsung dalam rilis berikutnya dari sistem operasi.

OS X 10.3 – Panther

Mac OS X Panther versi 10.3 adalah rilis utama keempat Mac OS X, desktop Apple, dan sistem operasi server. Versi ini diikuti Mac OS X v10.2 "Jaguar" dan sebelum Mac OS X Tiger versi 10.4. Apple merilis Panther pada tanggal 24 Oktober 2003. Karena ROM Dunia Baru diperlukan untuk Mac OS X Panther, komputer lama tertentu (seperti beige Power Mac G3 dan "Wall Street" PowerBook G3) tidak dapat menjalankan Panther secara default. Perangkat lunak pihak ketiga (seperti XPostFacto) bisa, bagaimanapun, cek menimpa dibuat selama proses instalasi, jika tidak, instalasi atau upgrade dari Jaguar akan gagal pada mesin tua. Panther masih mendukung lingkungan klasik penuh untuk menjalankan Mac OS 9 tua aplikasi tetapi membuat jendela aplikasi Classic double-buffered, yang mengganggu beberapa aplikasi mengharapkan untuk langsung menggambar ke layar.

OS X 10.4 – Tiger

Mac OS X v10.4 Tiger adalah rilis utama kelima Mac OS X, desktop Apple, dan server sistem operasi untuk komputer Macintosh. Tiger dirilis ke publik tanggal 29 April 2005 sebesar US $ 129,95 sebagai penerus Mac OS X Panther versi 10.3, yang telah dirilis 18 bulan sebelumnya. Beberapa fitur baru termasuk sistem pencarian cepat disebut Spotlight, versi baru dari browser web Safari, Dashboard, tema baru 'Unified', dan meningkatkan dukungan untuk 64-bit pengalamatan pada Power Mac G5s. Tiger mengejutkan eksekutif di Microsoft dengan menawarkan sejumlah fitur, seperti pencarian file yang cepat dan peningkatan pengolahan grafis, yang Microsoft telah menghabiskan beberapa tahun berjuang untuk menambah Windows dengan kinerja yang dapat diterima. Tiger disertakan dengan semua komputer Macintosh baru, dan juga tersedia sebagai upgrade untuk yang ada pengguna Mac OS X, atau pengguna didukung pra-Mac OS X sistem. Edisi server, Mac OS X Server 10.4, juga tersedia untuk beberapa lini produk Macintosh. Enam minggu setelah rilis resmi, Apple telah sampaikan 2 juta eksemplar Tiger, mewakili 16% dari semua pengguna Mac OS X. Apple mengklaim bahwa Tiger adalah Apple yang paling sukses OS rilis dalam sejarah perusahaan. Pada Konferensi Dunia Pengembang lebar pada tanggal 11 Juni 2007, Apple CEO, Steve Jobs, mengumumkan bahwa dari 22 juta pengguna Mac OS X, lebih dari 67% yang menggunakan Tiger.Apple mengumumkan transisi ke prosesor Intel x86 selama masa Tiger, sehingga dirilis pertama Apple sistem operasi untuk bekerja di mesin arsitektur Apple-Intel . Tiger digantikan oleh Mac OS X v10.5 Leopard pada tanggal 26 Oktober 2007, setelah 30 bulan, membuat Tiger versi terpanjang dari Mac OS X. Pembaruan keamanan terakhir yang dirilis untuk pengguna Tiger adalah update 2009-005. Pembaruan keamanan berikutnya, 2.009-006 hanya mencakup dukungan untuk Leopard dan Snow Leopard. Versi terbaru dari QuickTime adalah 7.6.4. Versi terakhir dari iTunes yang dapat berjalan di Tiger adalah 9.2.1, karena 10,0 hanya mendukung Mac OS X Leopard. Safari 4.1.3 adalah versi final untuk Tiger tanggal 18 November 2010. Meskipun tidak setelah menerima update keamanan sejak saat itu, Tiger tetap populer dengan pengguna Power Mac dan penggemar retrocomputing karena perangkat lunak yang luas dan kompatibilitas hardware, seperti berjalan pada berbagai mesin yang lebih tua dan merupakan versi OS X terbaru untuk mendukung Lingkungan Classic, lapisan kompatibilitas Mac OS 9.

Mac OS X 10.5 – Leopard(Berbasis MOBILE)

Mac OS X Leopard versi 10.5 adalah rilis utama keenam dari Mac OS X, desktop Apple, dan server sistem operasi untuk komputer Macintosh. Leopard dirilis pada tanggal 26 Oktober 2007 sebagai penerus Tiger versi 10.4, dan tersedia dalam dua varian: versi desktop yang cocok untuk komputer pribadi, dan versi server, Mac OS X Server. Leopard digantikan oleh Snow Leopard versi 10.6. Leopard versi final Mac OS X untuk mendukung arsitektur PowerPC sebagai fungsi Snow Leopard hanya pada Intel berbasis Mac. Menurut Apple, Leopard berisi lebih dari 300 perubahan dan perangkat tambahan lebih dari pendahulunya, Mac OS X Tiger, yang meliputi komponen inti sistem operasi serta aplikasi yang disertakan dan alat pengembang. Leopard memperkenalkan desktop secara signifikan direvisi, dengan Dock didesain ulang, Stacks, menu bar semitransparan, dan Finder diperbarui yang menggabungkan Cover Flow visual yang navigasi antarmuka pertama kali terlihat di iTunes. Fitur penting lainnya termasuk dukungan untuk menulis aplikasi 64-bit antarmuka pengguna grafis, sebuah utilitas backup otomatis yang disebut Time Machine, dukungan untuk pencarian Spotlight di beberapa mesin, dan masuknya Front Row dan Photo Booth, yang sebelumnya hanya disertakan dengan beberapa model Mac . Jawaban Apple tentang kerangka waktu rilis Leopard sebagai awalnya diumumkan oleh CEO Apple, Steve Jobs. Ketika pertama kali dibahas pada bulan Juni 2005, Jobs menyatakan bahwa Apple dimaksudkan untuk melepaskan Leopard pada akhir tahun 2006 atau awal tahun 2007. Setahun kemudian, ini diubah ke Spring 2007. Namun pada tanggal 12 April 2007, Apple mengeluarkan pernyataan bahwa rilis akan ditunda sampai Oktober 2007 karena perkembangan iPhone.

OS X 10.6 – Snow Leopard

Mac OS X Snow Leopard (versi 10.6) adalah rilis utama ketujuh Mac OS X, desktop Apple, dan server sistem operasi untuk komputer Macintosh. Snow Leopard diresmikan pada tanggal 8 Juni 2009 di Konferensi Apple Worldwide Developers. Pada tanggal 28 Agustus 2009, dirilis di seluruh dunia dan dibuat tersedia untuk pembelian dari website Apple dan toko ritel dengan harga US $ 29 untuk lisensi single-user. Sebagai hasil dari harga rendah, penjualan awal Snow Leopard secara signifikan lebih tinggi dari pendahulunya. Pelepasan Snow Leopard datang hampir dua tahun setelah pengenalan Mac OS X Leopard (versi 10.5), terpanjang kedua rentang waktu antara berturut OS Mac X rilis. Tidak seperti versi sebelumnya Mac OS X, tujuan Snow Leopard yang meningkatkan kinerja, efisiensi dan pengurangan jejak memori secara keseluruhan. Penambahan baru pengguna akhir fitur bukanlah pertimbangan utama: namanya itu dimaksudkan untuk menandakan tujuannya untuk menjadi penyempurnaan dari versi sebelumnya OS X, Leopard. Sebagian besar software di Mac OS X secara ekstensif untuk ditulis ulang. Perilisan ini dalam rangka untuk mengambil keuntungan penuh dari hardware Macintosh modern. Kerangka pemrograman baru, seperti OpenCL, diciptakan, yang memungkinkan pengembang perangkat lunak untuk menggunakan kartu grafis dalam aplikasi mereka. Versi ini juga merupakan Mac OS pertama rilis sejak Sistem 7.1.1 yang tidak mendukung Mac menggunakan prosesor PowerPC, seperti Apple sekarang bermaksud untuk fokus pada baris saat ini dari Intel berbasis produk. Sebagai dukungan untuk Rosetta dijatuhkan di Mac OS. X Lion, Snow Leopard adalah versi terakhir dari Mac OS X yang mampu menjalankan PowerPC-satunya aplikasi. Snow Leopard digantikan oleh Mac OS X Lion (versi 10.7) pada 20 Juli 2011. Versi sebelumnya terus dijual untuk kepentingan pengguna yang membutuhkan Snow Leopard untuk meng-upgrade ke Lion, yang terutama dijual melalui Store Mac App diperkenalkan pada Snow Leopard 10.6.6 update. Snow Leopard adalah rilis terakhir dari Mac OS X untuk mendukung 32-bit Intel Core Solo dan Intel Core Duo CPU.

OS X 10.7 – Lion(Berbasis MOBILE)
Mac OS X Lion (versi 10.7, dipasarkan sebagai OS X Lion) adalah rilis utama kedelapan Mac OS X, desktop Apple dan server sistem operasi untuk komputer Macintosh. Sebuah preview Lion publik diresmikan pada "Kembali ke Mac" acara Apple Special pada tanggal 20 Oktober 2010. Versi ni membawa banyak perkembangan yang dibuat di Apple iOS, seperti tampilan mudah dinavigasi aplikasi yang terinstal, ke Mac, dan termasuk dukungan untuk Mac App Store, seperti yang diperkenalkan pada Mac OS X Snow Leopard versi 10.6. Pada tanggal 24 Februari 2011, pratinjau pengembang pertama dari Lion (11A390) dirilis untuk pelanggan untuk program Pengembang Apple, preview pengembang lain yang kemudian dibebaskan dengan Preview Singa 4 (11A480b) yang dirilis pada WWDC 2011. Singa mencapai status Master emas pada tanggal 1 Juli 2011, diikuti dengan rilis akhir melalui App Store Mac pada 20 Juli 2011. Apple melaporkan penjualan Singa lebih dari satu juta pada hari pertama peluncurannya. Pada Oktober 2011, Mac OS X Lion telah terjual lebih dari enam juta kopi di seluruh dunia.

OS X 10.8 – Mountain Lion


OS X Mountain Lion (versi 10.8) adalah rilis utama kesembilan OS X (sebelumnya Mac OS X), Apple Inc 's desktop, dan server sistem operasi untuk komputer Macintosh. OS X Mountain Lion dirilis pada tanggal 25 Juli 2012 untuk pembelian dan download melalui Apple App Store Mac, sebagai bagian dari sebuah saklar untuk merilis OS X versi online dan setiap tahun. Dinamakan Mountain Lion untuk menandakan statusnya sebagai penyempurnaan dari sebelumnya OS X versi, Lion. Tujuan Apple menyatakan dalam mengembangkan Mountain Lion adalah untuk memungkinkan pengguna untuk lebih mudah mengelola dan mensinkronisasi konten antara perangkat Apple ganda dan untuk membuat sistem operasi lebih akrab dan untuk pengguna Apple agar lebih sepopuler ponsel sistem operasi, IOS. Sistem operasi memperoleh malware-blocking, sistem baru Gatekeeper, dan integrasi dengan Game Center online Apple dan layanan iCloud, sedangkan browser web Safari telah diupdate ke versi 6. Seperti pada iOS, Catatan dan Pengingat menjadi aplikasi penuh, terpisah dari Mail dan Calendar, sedangkan OS X aplikasi iChat digantikan dengan versi iOS Pesan itu. Mountain Lion juga menambahkan versi iOS yang Pemberitahuan Center, yang kelompok update dari aplikasi yang berbeda di satu tempat. Link Terpadu yang memungkinkan pengguna untuk dengan cepat mentransfer konten ke Twitter ditambahkan ke sistem operasi dari peluncuran. Facebook integrasi juga direncanakan tapi belum selesai pada tanggal peluncuran, dan dirilis sebagai update download nanti. OS X Mountain Lion  menerima review positif, dengan kritikus memuji Pusat Pemberitahuan, Pesan, dan peningkatan kecepatan di Mac OS X Lion, sementara mengkritik iCloud untuk unreliability dan Game Center karena kurangnya permainan. Mountain Lion terjual tiga juta unit dalam empat hari pertama, sehingga versi ini merupakan yang paling sukses yang dirilis Mac OS Apple hingga saat ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KABEL UTP,KABEL STP,DAN KABEL COAXIAL

PENGERTIAN KABEL UTP   UTP singkatan dari   “Unshielded Twisted Pair”   yaitu jenis kabel ini terbuat dari bahan penghantar tembaga, mempunyai isolasi dari plastik & terbungkus oleh bahan isolasi yang dapat melindungi dari api dan juga kerusakan fisik, kabel UTP sendiri terdiri dari 4 pasang inti kabel yang saling berbelit dimana masing-masing pasang mempunyai kode warna berbeda. Kabel   Twisted Pair Cable   ini terbagi kedalam 2 jenis diantaranya, Shielded dan Unshielded. Shielded adalah jenis dari kabel UTP yang memiliki selubung pembungkus, sedangkan unshielded adalah jenis yang tidak mempunyai selubung pembungkus. Untuk koneksinya kabel jenis ini memakai konektor RJ-45 atau RJ-11.

SISTEM OPERASI-KELUARGA UNIX

2)KELUARGA UNIX   UNIX adalah sistem operasi yang digunakan sebagai sistem operasi baku pada berbagai jenis komputer, terutama komputer mini baik sebagai workstation atau server (sistem yang menyediakan pelayanan pada jaringan). Karena dengan unix sebagai server, berpindah kerja dari satu jenis komputer ke komputer lainnya menjadi mudah.