Langsung ke konten utama

SISTEM OPERASI - MICROSOFT WINDOWS


Sistem operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer atau yang dalam bahasa kerennya disebut dengan hardware. Sebelum adanya sistem operasi, orang hanya mengunakan komputer dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi, pada saat ini terdapat berbagai sistem operasi dengan keunggulan masing-masing. Untuk lebih memahami sistem operasi maka sebaiknya perlu diketahui terlebih dahulu beberapa konsep dasar mengenai sistem operasi itu sendiri.
Baca Selengkapnya





RAGAM SISTEM OPERASI
1)KELUARGA MICROSOFT WINDOWS


Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi. yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis. Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985, yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar. Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian dari MS-DOS), sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Versi 2.x, versi 3.x juga sama. Beberapa versi terakhir dari Windows (dimulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1) merupakan sistem operasi mandiri yang tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS. Microsoft Windows kemudian bisa berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai 90%.
System operasi meliputi:
-MS DOS

Disk Operating System (disingkat DOS) adalah keluarga sistem operasi yang digunakan di komputer pribadi. Sekarang, istilah DOS menjadi istilah generik bagi setiap sistem operasi yang dimuat dari perangkat penyimpanan berupa disk saat sistem komputer dinyalakan.


Windows Berbasis GUI:

Secara sederhana, GUI adalah suatu media virtual yang dapat membuat pengguna memberikan perintah tertentu pada komputer tanpa mengetik perintah tersebut, namun menggunakan gambar yang tersedia. Pengguna tidak mengetikkan perintah seperti pada komputer dengan Shell atau teks. Dengan GUI, perintah dapat dikonversi menjadi ikon dalam layar monitor yang dapat diklik untuk memulai fungsinya. Sebagai contoh, tentu anda paham dengan sebuah ikon berbentuk kertas dengan huruf W diatasnya kan? Itu adalah ikon untuk menjalankan Microsoft Word, sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengetik. Atau anda pasti familiar dengan tombol di pojok kiri bawah, yakni tombol bertuliskan Start atau logo Windows itu. Segala sesuatu yang anda lihat di Komputer anda saat ini adalah GUI.

Jenis jenis Windows berbasis GUI:
Microsoft Windows 1.0

Merupakan versi pertama sistem operasi dalam dunia sistem operasi berbasis Graphical User Interface(GUI) yang dibuat oleh Microsoft Corporation . Versi ini sebenarnya diluncurkan pertama kali pada tanggal 10 November 1983[2], tapi tidak pernah keluar ke pasar publik sebelum bulan November 1985, karena banyaknya hambatan yang terjadi ketika pengembangan berlangsung.
Windows 1.x bukanlah merupakan sebuah paket sistem operasi GUI—seperti halnya Apple dengan Lisa danMacintosh-nya, tetapi hanya merupakan paket GUI tambahan yang berjalan di atas DOS, karena itulah, nama kode yang digunakannya adalah Interface Manager. Windows 1.x menggunakan tampilan bitmap(device independent bitmap atau disingkat DIB) dan menambahkan mouse sebagai satu lagi perangkat yang dapat digunakan untuk mengoperasikan Windows.
Windows 1.x juga mendukung multitasking antar banyak program. Hal ini tentu saja merupakan peningkatan yang sangat penting jika dibandingkan dengan DOS, yang hanya dapat menjalankan satu program saja (single-tasking) pada satu waktu. Karena Windows 1.0 merupakan masih berbasiskan DOS, hanya satu aplikasi saja yang boleh berjalan di muka (foreground application), sedangkan aplikasi yang berjalan di latar belakang (background application) diberhentikan secara sementara hingga pengguna mengaktifkannya kembali. Metode ini disebut juga dengan cooperative multitasking.
Pada versi pertama ini, Microsoft mengintegrasikan banyak program tambahan, seperti Microsoft Paintbrush, Write, Notepad, Calendar, Calculator, CardFile, dan juga Clipboard. Game yang disediakan pun hanya satu: Reversi. Sebagai shell untuk mengatur berkas, digunakanlah MS-DOS Executive. Fungsinya sama saja dengan kebanyakan shell yang beredar di pasaran seperti Norton Commander atauDOS Shell, tapi MS-DOS Executive berjalan di atas Windows, sementara kedua shell tersebut berjalan di atas DOS.
Windows versi 1.x juga mendukung MS-DOS prompt langsung dari Windows, sehingga pengguna tidak perlu keluar ke DOS terlebih dahulu untuk menjalankan program DOS.








Microsoft Windows 2.0


Merupakan versi kedua dari sistem operasi berbasis graphical user interface (GUI) buatan Microsoft Corporation, yang dirilis pada 9 Desember 1987 akibat kurang suksesnya Windows versi 1.0. Sebab Windows 1.0 kurang sukses adalah karena kurangnya aplikasi yang mendukung Windows 1.x.
Windows 2.x mendukung penggunaan kartu grafis dengan spesifikasi VGA (Video Graphics Array), sehingga dapat menampilkan resolusi hingga 640x480 pada kedalaman warna 4-bit (16 warna). Selain itu, Windows 2.x juga mendukung penggunaan prosesor Intel 80286, prosesor pertama dengan kemampuan untuk memproteksi area memori atau dikenal dengan protected mode meski tidak dapat melakukan switching kembali ke dalam real mode tanpa harus melakukan restart komputer. Pengguna dapat menjalankan program loader Windows yaitu berkas WIN.COM dengan tambahan switch /S untuk mode standar, dan /2 untuk mode 286.
Ketika Intel telah meluncurkan prosesor Intel 80386 yang memiliki kemampuan protected mode dan juga dapat kembali ke dalam real mode, Microsoft pun meluncurkan Windows 2.03 for Intel 386 untuk mendukungnya. Versi Windows 2.03/386 dapat menjalankan banyak program DOS dalam MS-DOS Promptyang dimilikinya. Karena fitur-fitur ini, banyak pengembang di luar Microsoft mengembangkan software yang mendukung Windows 2.x, seperti Corel Draw dan Adobe PageMaker. Microsoft pun mengeluarkanMicrosoft Excel for Windows dan Microsoft Word for Windows .
Windows 3.0

Windows 3.0 dirilis pada tahun 1990, yang menawarkan kemampuan terhadap aplikasi Windows, Windows 3.0 mampu mengizinkan pengguna untuk menjalankan beberapa aplikasi MS-DOS secara serentak atau multitasking, karena pada versi ini telah diperkenalkan memori virtual. Windows 3.0 dapat berjalan di dalam tiga modus, yaitu modus real, modus standard an modus 386 Enhanced, versi 3.0 juga merupakan versi pertama Windows yang berjalan dalam modus terproteksi.

Windows 95

Windows 95 adalah sistem operasi hibrida 16-bit/32-bit yang diproduksi oleh Microsoft. Windows 95 diperkenalkan ke publik pada tanggal 14 Agustus 1995, menyusul kampanye iklan yang agresif dari Microsoft.
Windows 95 diperkenalkan dengan menggunakan rancangan menu "Start", menu inovatif untuk mengakses grup program (pengganti Program Manager), selain itu juga diperkenalkan Windows Explorersebagai pengganti File Manager, dukungan plug-and-play, dukungan program aplikasi MS-DOS dan Windows 16-bit dan Windows 32-bit, dan dukungan bagi nama-nama berkas (file) yang panjang, yang mendukung penamaan hingga 256 karakter, dan browser opsional Microsoft Internet Explorer.
Windows 95 memiliki fitur-fitur sebagai berikut:
  • Sebuah antarmuka grafis yang didesain ulang (sangat berbeda dengan versi
  • Windows 3.x), yakni desktop yang dapat dikonfigurasikan, adanya taskbar, tombol Start, dan menu konteks.
  • Kompatibilitas dengan perangkat keras yang lama, serta aplikasi MS-DOS 16-bit serta Windows 16-bit.
  • Arsitektur 32-bit untuk driver perangkat, yang disebut oleh Microsoft Virtual Device Driver (VxD).
  • Fungsi multitasking yang ditingkatkan. Windows 95 menggunakan skema preemptive multitasking, menggantikan skema cooperative multitasking yang sebelumnya digunakan oleh Windows 3.x.
  • Subsistem jaringan, subsistem disk, dan subsistem pencetakan yang berbasis 32-bit dan juga terintegrasi.
  • Dukungan jaringan terintegrasi yang cukup luas, mencakup Microsoft Networking (NetBEUI), TCP/IP, NetWare (IPX/SPX), Banyan Vines; Windows Messaging untuk berkirim e-mail; Dial-up Networking untuk koneksi Remote Access Services (RAS) dan koneksi Internet.
  • Dukungan terhadap nama berkas panjang.
  • Dukungan plug-and-play untuk mendeteksi instalasi perangkat keras dan konfigurasi terhadapnya secara otomatis.
  • Dukungan Advanced Power Management (APM) untuk manajemen daya
  • Dukungan multimedia (audio/video) terintegrasi.
  • Dukungan terhadap manajemen secara terpusat dari server, seperti halnya group policy, dan user profile.
WINDOWS 98

Windows 98 adalah penerus dari Windows 95, dengan tambahan dukungan AGP, USB, Plug and Play yang lebih baik, sistem berkas FAT32 dan Internet Explorer versi 4.0. Windows 98 adalah upgrade dari Windows 95. Seperti yang dideskripsikan sebagai sistem operasi, “Works Better, Plays Better,” Windows 98 adalah versi windows pertama yang di desain secara spesifik untuk konsumen.
Windows NT

Windows NT merupakan sebuah sistem operasi 32-bit dari Microsoft yang menjadi leluhur sistem operasi Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, dan Windows Vista. Sistem operasi tersebut pada awalnya mendukung beberapa platform mikroprosesor, dimulai dari Intel 80x86 (hingga sekarang), MIPS R4x00 (dihentikan pada versi Windows NT 4.0), Digital Equipment Corporation Alpha AXP (dihentikan pada versi Windows 2000 Beta 3), IBM PowerPC (dimulai dari versi Windows NT 3.51 dan dihentikan pada versi Windows NT 4.0), serta beberapa platform lainnya, seperti Clipper dan SPARC (tidak dirilis untuk umum, karena dibuat oleh pihak ketiga, Intergraph). Saat ini, sistem operasi berbasis Windows NT hanya mendukung platform Intel 80x86, Intel IA64 dan AMD64 (atau x64), sementara platform lainnya tidak didukung lagi, mengingat kurangnya dukungan dari pihak ketiga untuk prosessor tersebut.
Windows NT sebenarnya dibangun dari puing-puing sisa pengembangan dari sistem operasi IBM OS/2 versi 3.0, di mana dalam pengembangan sistem operasi tersebut Microsoft dan IBM melakukan pengembangan secara bersama-sama. Beberapa saat sebelum sistem operasi tersebut rampung, Microsoft dan IBM mengakhiri hubungan mereka, dan akhirnya proyek IBM OS/2 pun terbengkalai. Hal ini diakibatkan oleh kesuksesan sistem operasi grafis yang berjalan di atas MS-DOS, Microsoft Windows versi 3.0, yang terjual lebih dari sejuta salinan dalam waktu kurang dari sebulan. Sistem operasi IBM OS/2 versi 3.0 ini memiliki nama kode NTOS/2. Dan akhirnya, Microsoft mengembangkan Windows NT sendirian, tanpa dibantu oleh IBM.
Selanjutnya, Microsoft merekrut beberapa orang pengembang sistem operasi dari Digital Equipment Corporation (DEC), yang keluar dari perusahaan lama akibat kurang puas karena proyek yang sedang dikerjakannya dihentikan secara paksa. Tim pengembang tersebut dikepalai oleh David Neil Cutler, Sr, yang juga terkenal dengan sistem operasi VMS dan RSX/11M dari DEC. Akhirnya, proyek NTOS/2 pun diubah namanya menjadi WNT.
Selama tiga tahun pengembangan, Windows NT pun akhirnya menjadi sistem operasi yang benar-benar baru. Bebas dari kode 16-bit milik MS-DOS, mendukung operasi 32-bit, dan semua fitur yang ditawarkan oleh mikroprosesor 32-bit, seperti dapat mengalamati memori hingga 4 Gigabyte, dan mode terproteksi. Selain itu, Windows NT didesain agar kompatibel dengan sistem operasi terdahulu, seperti MS-DOS (yang dijalankan dengan menggunakan teknik emulasi), IBM OS/2, dan sistem operasi berbasis POSIX (yang telah diubah kodenya untuk Windows 32-bit).
Fitur-Fitur Windows NT
Dukungan penuh untuk prosesor 32-bit : Windows NT merupakan sistem operasi baru, yang tidak dibangun dari MS-DOS (tidak seperti Windows 95). Semua fitur yang ditawarkan oleh mikroprosesor Intel 386DX ke atas (prosesor 32-bit) dapat digunakan oleh Windows NT, seperti penggunaan modus terproteksi (protected mode), 32-bit flat linear address yang mampu mengalamati memori hingga 4 GB, dan beberapa fitur lainnya. Dukungan untuk prosesor lainnya pun disuplai dengan menambahkan sebuah lapisan perantara di bawah kernel untuk berkomunikasi dengan perangkat keras. Lapisan perantara tersebut dinamakan dengan Hardware Abstraction Layer (HAL).
Dukungan aplikasi : Windows NT merupakan sistem operasi 32-bit murni, dan aplikasi 32-bit murni jarang terlihat di pasaran saat Windows NT diluncurkan pada tahun 1993. Selain itu, agar memastikan dukungan para pengembang pada versi Windows NT selanjutnya, Windows NT pun harus mendukung aplikasi yang didesain khusus untuk sistem operasi terdahulu, seperti aplikasi MS-DOS (kecuali game MS-DOS), Windows 16-bit, dan OS/2. Selain ketiga subsistem tersebut, Windows NT juga mendukung aplikasi POSIX, yang telah dikompilasi ulang untuk Win32 API. Semua itu dapat dilakukan karena Windows NT mengimplementasikan sebuah lapisan subsistem (subsystem layer) dan menghubungkan semua subsistem tersebut ke subsistem resmi milik Windows NT, subsistem Win32.
Keamanan : Windows NT mengimplementasikan fitur keamanan yang lebih canggih dibandingkan dengan sistem operasi MS-DOS, Windows 9x, atau IBM OS/2. Meskipun begitu, sistem operasi Windows NT sendiri tidak bebas dari virus komputer (seperti yang diklaim oleh para pengguna sistem operasi Macintosh dan GNU/Linux). Fitur keamanan diimplementasikan sedemikian rupa sehingga Windows NT dapat digunakan dalam lingkungan korporat, seperti halnya pengaturan akses secara diskret (discretionary access control), penggunaan SID (Security Identifier yang menjamin bahwa setiap akun pengguna berbeda dengan akun lainnya, seperti halnya UID (User Identifier) pada sistem operasi keturunan UNIX). Setiap akun pengguna akan divalidasi dengan menggunakan proses logon, dan akan diberikan sebuah kunci atau tiket yang disebut dengan access token.
Dukungan Sistem Berkas : Windows NT mendukung beberapa sistem berkas (file system) yang saat itu banyak digunakan, seperti FAT16 (sistem berkas milik MS-DOS), HPFS (sistem berkas milik IBM OS/2), dan NTFS (sistem berkas milik Windows NT sendiri). Dukungan HPFS dicabut dari Windows NT, saat Microsoft merilis Windows NT 4.0, dan dukungan untuk FAT32 ditambahkan pada Windows 2000. Sistem berkas NTFS menawarkan semua fitur yang dimiliki oleh Windows NT, seperti halnya pengaturan akses secara diskret, kepemilikan berkas (file/folder ownership), hingga pada enkripsi yang ditawarkan pada NTFS versi baru (NTFS versi 3.1).
Desain Full GUI : Tidak seperti Windows 3.x yang berbasis MS-DOS, Windows NT didesain dengan menggunakan GUI (Graphical User Interface atau antarmuka grafis) secara penuh. Hal ini dilakukan dengan mengintegrasikan komponen grafis (GDI, Graphics Device Interface) secara integral ke dalam komponen sistem operasi. Tidak seperti sistem operasi GNU/Linux, yang memisahkan antarmuka grafis dari sistem operasi. Meskipun hal ini dapat menjadi masalah saat subsistem grafis mengalami kegagalan, penggunaan Full GUI dapat mempermudah administrasi dan penggunaan sistem operasi, maka tak salah, Windows menawarkan fitur yang ramah pengguna atau user-friendly.
WINDOWS 2000

Windows 2000 adalah garis dari sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, bisnis desktop, laptop, dan server. Windows 2000 dirilis untuk manufaktur pada 15 Desember 1999  dan diluncurkan untuk ritel pada 17 Februari 2000. Ini adalah penerus ke Windows NT 4.0, dan rilis final dari Microsoft Windows untuk menampilkan "Windows NT" penunjukan. Hal digantikan oleh Windows XP untuk sistem desktop pada bulan Oktober 2001 dan Windows Server 2003 untuk server pada April 2003. Windows ME dirilis tujuh bulan setelah Windows 2000 dan satu tahun sebelum Windows XP, tetapi Windows Me tidak dimaksudkan untuk menjadi, juga tidak berfungsi sebagai pengganti Windows 2000.Windows ME dirancang untuk digunakan di rumah, sementara Windows 2000 dirancang untuk bisnis. 
Empat edisi dari Windows 2000 yang dirilis, tercantum di sini dalam meningkatkan peringkat:. Professional, Server, Advanced Server, dan Datacenter Server Selain itu, Microsoft menjual Windows 2000 Advanced Server Limited Edition dan Windows 2000 Datacenter Server Limited Edition, yang berlari pada 64 -bit mikroprosesor Intel Itanium dan dibebaskan pada tahun 2001. Sementara masing-masing edisi Windows 2000 ditargetkan pada pasar yang berbeda, mereka berbagi satu set inti dari fitur, termasuk sistem banyak utilitas seperti Microsoft Management Console dan aplikasi sistem standar administrasi .
Dukungan untuk penyandang cacat telah ditingkatkan dari Windows NT 4.0 dengan sejumlah teknologi pendukung baru, dan Microsoft meningkatkan dukungan untuk bahasa yang berbeda dan lokal informasi.
Semua versi dari dukungan sistem operasi file sistem Windows NT, NTFS 3.0, Encrypting File System, serta penyimpanan disk dasar dan dinamis. Windows 2000 Server keluarga memiliki fitur tambahan, termasuk kemampuan untuk menyediakan layanan Active Directory (kerangka hirarkis sumber daya), Distributed File System (sistem file yang mendukung berbagi file) dan kesalahan-berlebihan volume penyimpanan. Windows 2000 dapat diinstal melalui sebuah instalasi manual atau tanpa pengawasan. instalasi tanpa pengawasan bergantung pada penggunaan file jawaban untuk mengisi informasi instalasi, dan dapat dilakukan melalui CD bootable dengan menggunakan Microsoft System Management Server, dengan Persiapan Alat Sistem .
Microsoft dipasarkan Windows 2000 sebagai versi Windows yang paling aman yang pernah pada saat itu;. Namun, ini menjadi target dari sejumlah tinggi profil serangan virus seperti Code Red dan Nimda Selama sepuluh tahun setelah rilis, itu terus menerima patch untuk kerentanan keamanan hampir setiap bulan sampai mencapai akhir siklus hidup pada 13 Juli 2010
WINDOWS XP

XP atau Windows 5.1 build 2600 adalah sebuah versi sistem operasi Windows yang diluncurkan oleh Microsoft Corporation pada tanggal 25 Oktober 2001 di Amerika Serikat. Sebelumnya, Microsoft telah meluncurkan Windows versi 5.0 atau yang dikenal dengan Windows 2000, baik itu edisi server maupun edisi profesional (untuk desktop kantoran). Namun pada kenyataannya sebagian besar pengguna menggunakan Windows XP Professional. Nama XP sendiri, menurut Microsoft merupakan singkatan dari kata Experience, yang artinya Windows XP membawa pengalaman baru dalam dunia komputasi, atau setidaknya begitulah yang diharapkan oleh Microsoft. Perubahan user interface dan tatacara penggunaan memang sangat revolusioner, seperti yang terjadi dari DOS ke Windows 3.0, dan dari Windows 3.1 ke Windows 95.
Windows XP sendiri berbasis pada Windows NT dan termasuk pada keluarga NT. Yang termasuk dalam keluarga NT adalah Windows 2000 Server dan Windows Server 2003, Windows 2000 & 2003. Keluarga NT, terutama yang server, memiliki kemampuan yang baik untuk menjadi sebuah server.
Fitur Windows XP
Windows XP diketahui sebagai sebuah sistem operasi yang memiliki kestabilan yang telah ditingkatkan dari pendahulunya, dan juga memiliki efisiensi yang lebih baik daripada Windows 98, Windows ME, dan Windows 2000 Professional. Hal ini dikarenakan Windows XP menerapkan sebuah teknik manajemen software yang dapat menghindari apa yang disebut dengan "neraka DLL" atau "DLL HELL". Selain itu, tampilan Windows XP pun dirombak, hingga menjadi lebih mudah untuk digunakan.
Berikut ini adalah fitur dari Windows XP Professional (karena dianggap paling lengkap)
Dukungan terhadap sistem domain Active Directory : Active Directory adalah sistem domain yang digunakan di dalam Windows Server 2000 dan Windows Server 2003. Dengan menggunakan Active Directory, sistem-sistem Microsoft Windows dapat diatur dari satu tempat saja yaitu dari sistem yang menjalankan Active Directory itu sendiri. Fitur ini sangat berguna jika diaplikasikan dalam perusahaan yang cukup besar, karena akan menyederhanakan semua proses autentikasi.
Peningkatan pengaturan kontrol akses :Sebagai sistem operasi yang ditujukan untuk pengguna korporasi, tentunya Windows XP telah dilengkapi dengan fitur pengaturan kontrol akses. Fitur tersebut digunakan untuk membatasi akses terhadap siapa saja yang tidak memiliki hak akses terhadap sebuah objek tertentu. Meskipun hal ini bukanlah teknologi baru, karena telah diimplementasikan dalam sistem operasi berbasis UNIX, implementasi fitur ini dalam Windows XP telah diterapkan secara lebih canggih dibandingkan dengan UNIX, mengingat sistem operasi UNIX membatasi akses dengan menggunakan atribut file permission. Sistem operasi sebelumnya, seperti Windows 9x, tidak dilengkapi dengan fitur ini, sehingga setiap orang akan memiliki hak untuk mengakses setiap berkas tanpa kesulitan.
Mendukung sistem berkas terenkripsi (EFS) : Windows XP memiliki sistem enkripsi EFS. Sistem ini merupakan sistem untuk memproteksi data penting sehingga tidak dapat dibuka user lain apalagi komputer lain, kecuali dengan membuka dengan kode. Sistem ini cukup handal meskipun tak sehandal sistem pihak ketiga. File yang terenkripsi akan berubah warnanya menjadi hijau.
Fitur-Fitur End-User


WINDOWS SERVER 2003

Pengertian, Windows Server 2003 merupakan sebuah versi system operasi Microsoft Windows yang ditujukan untuk pasar server korporat. Nomor versi internalnya adalah Microsoft Windows NT 5.2 build 3790. Dulunya dikenal dengan .NET Server, Windows .NET Server, atau Whistler Server. Sistem operasi ini merupakan kelanjutan dari sistem Windows 2000 Server.
Windows Server 2003 sistem operasi mengambil yang terbaik dari teknologi Windows 2000 Server dan membuat lebih mudah untuk menyebarkan, mengelola, dan digunakan. Hasilnya: infrastruktur yang sangat produktif yang membantu membuat jaringan dan sebuah Aset Strategi suntuk Organisasi. Pada tanggal 28 Maret 2005, semua Windows Server 2003 Sistem operasi kapal dengan Windows Server Service Pack 1 (SP1). Windows Server 2003 SP1 memberikan peningkatan keamanan, Peningkatan Keandalan, dan administrasi yang disederhanakan untuk membantu pelanggan perusahaan di semua industri.

Microsoft Windows Server R2 Enterprise Edition adalah platform utama untuk aplikasi bisnis penting. Windows Server 2003 R2 Enterprise Edition dibangun pada fitur standar yang ditemukan dalam keluarga Windows Server 2003 R2 dengan menambahkan fitur yang dirancang untuk Meningkatkan Keandalan skalabilitas, keamanan, dan Manageability Aplikasi Enterprise.
Makalah ini menyediakan pengenalan pada fitur-fitur teknis utama pada Windows Server 2003 R2 Enterprise Edition dan membahas aplikasi tersebut fitura plikasi mission-critical, sebagai e-mail, database, dan aplikasi bisnis.
   Sejarah, pada tanggal 24 April 2003, Microsoft meluncurkan Windows Server 2003, sebuah pembaruan untuk sistem operasi Windows 2000 Server, yang menawarkan banyak fitur-fitur keamanan yang baru, pemandu "Manage Your Server wizard" yang menyederhanakan peranan sebuah mesin yang menjalankannya, dan juga peningkatan kinerja. Windows Server 2003 menggunakan kernel Windows NT versi 5.2.
  Di dalam Windows Server 2003, beberapa layanan yang tidak terlalu dibutuhkan di dalam lingkungan server dinonaktifkan secara default, terutama "Windows Audio" dan "Themes" demi alasan kestabilan; Agar dapat menggunakan suara dan tampilan yang sama dengan Windows XP, pengguna harus mengaktifkannya secara manual, melalui snap-in Microsoft Management Console Services.msc Selain itu, akselerasi perangkat keras untuk kartu grafis juga dimatikan; lagi-lagi pengguna harus mengaktifkannya secara manual, tentu saja jika device driver yang digunakan "bisa dipercayai".
   Pada bulan Desember 2005, Microsoft merilis Windows Server 2003 R2, yang merupakan Windows Server 2003 Service Pack 1 ditambah dengan beberapa paket tambahan. Di antara semua fitur-fitur barunya adalah fitur-fitur manajemen untuk kantor-kantor cabang, dan integrasi identitas yang luas.
Fungsi, inti dari fungsi windows server 2003 ditujukan untuk membuat sebuah jaringan yang bisa saling berhubungan antara komputer Server dan Client agar bisa berbagi sumber daya baik perangkat lunak maupun perangkat keras sehingga akan medapati tujuan yang akan menghasilkan informasi bagi penggunanya.
Kelebihan, adapun windows server 2003 memliki beberapa kelebihan yang tercakup di dalamnya sebagai berikut :
·                     Memakai protocol TCP/IP dimana fasilitas TCP/IP mengandung banyak keuntungan diantaranya memperkecil waktu bolak-balik conection.
·                     Memudahkan dalam pengaturan saat terjadi kesalahan.
·                     Paket-paket data bisa diganti dengan memakai alamat tujuan paket itu.
·                     Memakai dukungan jendela yang besar artinya ukuran jendela secara otomatis terbuka dengan ukuran yang lumayan besar tanpa harus kita perbesar dan memperjelas intruksi-intruksi yang termuat di dalamnya.
·                     Keunggulan paling utama sebenarnya adalah dimana TCP/IP mempunyai brabwith yang tinggi jadi tidak harus menunggu lama saat conection ke internet ataupun mengubah-ngubah alamat supaya mempercepat conection.
·                     Pengoperasiannya mudah, cara menginstall windows server 2003 tidaklah terlalu sulit ,bahkan mungkin dibandingkan dengan dengan windows NT yang sangat rumit.
·                     Cantik memukau hal yang pertama yang kita lihat pada OS Windows 2003 standard edition adalah tampilan server yang sangat indah dan mirip windows xp versi pro maupun home edition.
·                     Fungsionalitas dan skalabilitas, ketakjuban yang kedua terjadi saat OS Windows 2003 ini di restart. Proses rebooting ini terjadi sangat cepat, seakan kita tidak sedang menggunakan OS dengan title server, seakan bekerja pada sebuah mesin desktop ringan, hardware pun terlihat tidak terbebani.
Kekurangan, Adapun windows server 2003 memliki beberapa kekurangan yang tercakup di dalamnya sebagai berikut :
·                     Windows Server 2003, yang terasa tidak memadai di tengah kemajuan Web 2.0
·                     Kadang jika kita tidak teliti dalam mengginstall,error selalu ditemui
·                     Tidak semua Produk aplikasi ( bahkan buatan Microsoft sendiri ) bisa berjalan diatasnya
·                     Persyaratan hadware yang sangat tinggi
·                     Kemanan yang kurang tangguh
·                     Makin banyak type file yang dibuka dengan berbagai macam aplikasi dan telah terinstall aplikasi sesuai dengan kebutuhan sesuai type file yang dibuka, makin terasa beban makin berat.
Teknologi, Windows Server 2003 berisi dibangun pada Windows 2000 Server teknologi inti, yang menyediakan sistem operasi kualitas server hemat biaya tinggi. Belajarlah untuk membuat Windows Server 2003 dalam unit pada skala apapun dapat menjadi platform server ideal bagi mereka fitur baru dan teknologi baru. Server handal sistem operasi untuk memahami bagaimana membuat lembaga dan produktivitas karyawan yang lebih tinggi dan komunikasi yang lebih baik.
WINDOWS SERVER 2008

 Windows Server 2008 adalah sebuah versi baru Windows Server, yang dirilis pada tanggal 27 Februari 2008. Pada saat pengembangannya, Windows Server memiliki nama kode “Windows Server Codenamed Longhorn.” Windows Server 2008 adalah nama sistem operasi untuk server dari perusahaan Microsoft. Sistem server ini merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yang disebut Windows Server 2003. Windows Server 2008 dibangun dari kode yang sama seperti Windows Vista; karenanya Windows Server 2008 memiliki arsitektur dan fungsionalitas yang sama dengannya. Karena Windows Vista, oleh Microsoft, menawarkan kemajuan secara teknis dibandingkan dengan Windows versi sebelumnya, maka hal-hal yang dimiliki oleh Windows Vista juga dimiliki oleh Windows Server 2008. Contohnya adalah network stack yang ditulis lagi dari awal (IPv6, jaringan nirkabel, kecepatan, dan peningkatan keamanan), instalasi yang lebih mudah, diagnosa, pemantauan dan pencatatan yang lebih baik; keamanan yang lebih tangguh seperti BitLocker Drive Encryption, Address Space Layout Randomization (ASLR), Windows Firewall yang lebih baik; teknologi Microsoft .NET Framework 3.0, seperti Windows Communication Foundation, Microsoft Message Queuing (MSMQ), dan Windows Workflow Foundation (WFW), dan juga peningkatan pada sisi kernel.
            Windows Server 2008 dibangun di atas beberapa keunggulan teknologi dan keamanan yang pada awalnya diperkenalkan dengan Windows Vista, dan ditujukan agar bisa lebih modular secara signifikan, ketimbang pendahulunya, 
Windows Server 2003. Windows Server 2008 dikembangkan dari Windows Server 2003 R2 yang sudah terbukti cukup andal dan aman, untuk membantu meringankan tekanan tersebut, dengan mengotomatisasikan tugas pengelolaan harian, memperketat pengamanan, meningkatkan efisiensi dan keandalan sistem.
            Fitur utama yang menjadi keunggulan Windows Server 2008 ini adalah penyederhanaan tugas administrasi, karena riset internal Microsoft, sekitar 70 persen anggaran belanja TI dihabiskan untuk tugas pengelolaan harian.

Kelebihan Windows Server 2008:
·                     ·        Windows Server 2008 dapat beroperasi tanpa tampilan grafis atau graphical user interface (GUI) dengan adanya teknologi powershell.
·                     ·         Pengguna dapat memilih fungsi-fungsi yang dibutuhkannya saja atau menambah fungsi lainnya jika membutuhkan sewaktu-waktu tanpa melakukan instalasi ulang.
·                     ·         Kemampuan virtualisasi bahkan embedded (menyatu) dengan Windows Server 2008.
·                     ·         Windows Server 2008 mampu mengatur besar bandwidth yang dapat dipakai setiap aplikasi maupun komputer yag terhubung ke jaringan.
·                     ·         Windows Server 2008 juga sanggup mengontrol keamanan jaringan dengan fitur Network Access Protection.
·                     ·         Server juga dapat mengatur setiap akses identitas ke jaringan agar aman dan praktis dengan adanya fitur read only domain controller.
·                     ·         Melalui powershell, administrator tetap dapat memantau komputer di jaringan dari jarak jauh.
·                     ·         Lebih aman dalam mengendalikan laju informasi.
·                     ·         Peningkatan Kapasitas Server untuk melayani lebih Simultan Koneksinnya.
·                     ·         Driver disk yang fault toleran yang mendukung disk mirroring dan disk stripping dengan parity (RAID 1 dan RAID 5).
·                     ·         Bebas dari Kode 16 Bit milik MS-Dos,mendukung operasi 32 bit dan semua Fitur yang ditawarkan oleh Microprosesor 32 bit seperti dapat mengamati memori hingga 4 Gb dan Terproteksi.
·                     ·         Di Desain agar kompatibel dengan Sistem Operasi terdahulu seperti MS-Dos,IBM OS/2.
·                     ·         Peningkatan kemampuan layanan server TCP/IP seperti DHCP,WNS dan DNS.
·                     ·         Tool untuk mengintegrasikan Netware dan memonitoring Jaringan.
·                     ·         Model keamanan berbasis Domain penuh.
·                     ·         Terdapat Layanan untuk Macintosh.
·                     ·         Bisa Membooting jarak jauh untuk client.
·                     ·         Terintegrasi Paket Back Office.
·                     ·         Terdapat Network Client Administrator.
·                     ·         Fitur pengendalian yang lebih baik (more control). Yaitu fitur yang dapat membuat perusahaan memegang kontrol yang lebih terhadap server mereka.


Kekurangan Windows Server 2008:
·                     ·         Browser yang digunakan sebagai sistem dasar pada sistem perangkat bantu administrasi banyak menggunakan Javascript dan Active X, ternyata mengakibatkan proses sangat lambat. Hal yang sama dengan PC yang menggunakan processor 300 MHz AMD dan 128 MB SDRAM serta 100 MHz Bus tidak bisa diharapkan bekerja dengan lancar seperti yang diharapkan.
·                     ·         Pengubahan konfigurasi yang mendasar jarang dapat dilakukan dengan berhasil. Hal ini berlaku untuk nilai default, Format file Log yang bersifat propritary dan juga pilihan default-indeks, yang kesemuanya secara standar selalu harus disimpan pada drive C. Administratordalam hal ini harus melakukan pekerjaan yang tak perlu, hingga sistem keseluruhan berjalan sebagaimana mestinya, sebelum dapat melakukan perubahan.
·                     ·         Dokumentasi online, yang praktis tidak diperlukan, ketika sistem keamanan tertinggi Active X telah dipilih menyebabkan strategi keamanan yang kurang baik pada IIS.
·                     ·         Dibutuhkan pengubahan konfigurasi yang sangat kompleks untuk ISS Server, yang dapat dikatakan sangat sulit dan merepotkan sekali. Dari pihak administrator berpendapat kegiatan perubahan file Registry adalah pekerjaan yang relatif berat untuk sistem yang menggunakanWindows NT sebagai sistem operasinya.
WINDOWS VISTA


Windows Vista adalah sistem operasi berbasis grafis dari Microsoft yang digunakan pada komputer pribadi (PC), baik untuk pengguna rumahan maupun bisnis, pada komputer laptop, maupun media center.
Sebelum diumumkan dengan nama Windows Vista pada 22 Juli 2005, sistem operasi ini lebih dikenal dengan codenameLonghorn (berasal dari nama Longhorn Saloon, sebuah bar terkenal di Whistler, British Columbia, Kanada).
Microsoft meluncurkan Windows Vista pada 8 November 2006 untuk pengguna bisnis, dan 30 Januari 2007 untuk pengguna rumahan. Dengan demikian, peluncuran Windows Vista ini berjarak lebih dari lima tahun sejak peluncuran Windows XP pada25 Oktober 2001.





WINDOWS 7

Windows 7 adalah versi windows terakhir yang menggunakan menu start yang menggantikan versi windows sebelumnya,Windows Vista.[5] Windows 7 dirilis untuk pabrikan komputer pada 22 Juli 2009 dan dirilis untuk publik pada 22 Oktober2009[6], kurang dari tiga tahun setelah rilis pendahulunya, Windows Vista.
Tidak seperti pendahulunya yang memperkenalkan banyak fitur baru, Windows 7 lebih fokus pada pengembangan dasar Windows, dengan tujuan agar lebih kompatibel dengan aplikasi-aplikasi dan perangkat keras komputer yang kompatibel dengan Windows Vista.[7] Presentasi Microsoft tentang Windows 7 pada tahun 2008 lebih fokus pada dukungan multi-touchpada layar, desain ulang taskbar yang sekarang dikenal dengan nama Superbar, sebuah sistem jaringan rumahan bernama HomeGroup[8], dan peningkatan performa. Beberapa aplikasi standar yang disertakan pada versi sebelumnya dari Microsoft Windows, seperti Windows Calendar, Windows Mail, Windows Movie Maker, dan Windows Photo Gallery, tidak disertakan lagi di Windows 7;[9][10] kebanyakan ditawarkan oleh Microsoft secara terpisah sebagai bagian dari paket Windows Live Essentials yang gratis.[11]
WINDOWS 8


Windows 8 adalah sistem operasi penerus Windows 7 yang dirilis ke publik pada tanggal 26 Oktober 2012. Berbeda dengan sistem operasi pendahulunya, Windows 8 didesain untuk memenuhi kebutuhan komputer desktop, laptop,  dan tablet PC sekaligus.

Salah satu perubahan yang terlihat adalah pada tampilan kotak-kotak atau "metro style" yang belakangan istilah tersebut diganti dengan istilah "Modern UI" atau "Windows 8 style UI" yang dirancang untuk layar sentuh.

Fitur Windows 8


Windows 8 memiliki ratusan fitur baru yang tidak ada pada sistem operasi Windows sebelumnya, diantaranya:

·                     Desain aplikasi Windows 8 UI dan Toucscreen Support
·                     Tidak adanya tombol Start (digantikan oleh Layar Mulai dan Charms).
·                     Kompatibel dengan arsitektur Intel, AMD, dan ARM (khususnya tablet).
·                     Kompatibel dengan perangkat berspesifikasi rendah seperti Tablet, Laptop, Netbook, bahkan Smartphone.
·                     Windows Explorer menggunakan ribbon seperti Office 2010 & 2007, juga berganti nama menjadi 'File Explorer.
·                     Hybrid Boot, fitur untuk mempercepat waktu start-up dengan menyimpan memori inti Windows ke dalam hard disk dan me-load-nya tiap booting.
·                     Windows To Go yang berfungsi untuk membuat bootable USB Drive yang bisa dipakai untuk booting Windows
·                     Fitur pengembalian (recovery) baru, Refresh dan Reset. Refresh akan mengembalikan semua file Windows ke kondisi awal tanpa mengubah pengaturan, berkas, atau aplikasi Windows 8 UI. Reset akan mengembalikan komputer ke kondisi standar pabrikan.
·                     Rancangan baru dari Windows Task Manager.
·                     Proses aktivasi yang mudah.
·                     Diperkenalkannya Layar Kunci (Lock Screen).
·                     Windows Store, sebagai tempat membeli atau menginstal aplikasi Windows 8 UI.
·                     Aplikasi penyimpanan dengan sistem Cloud yang disebut Skydrive.
·                     Antivirus yang lebih baik dan sudah terintegrasi dengan Windows Defender.
·                     Pilihan Jenis Log-In yang beragam, yaitu sandi akun Microsoft/lokal, Sandi gambar, dan PIN.

WINDOWS 10

Perusahaan Raksasa Dunia, MICROSOFT resmi meluncurkan Windows 10 yang terbaru baik yang berbayar maupun gratis yang didapat melalui notifikasi WINDOWS UPDATE di TaksBar Laptop atau PC anda~.  sudah banyak orang-orang yang bersemangat untuk mencoba WINDOWS 10 tanpa memirikan laptop atau PC itu sendiri.
Padahal untuk menggunakan Windows 10, MICROSOFT sudah memberikan spesifikasi Minimum untuk menginstall WINDOWS 10 tersebut. spesifikasi nya sebagai berikut :
RAM : 1 GB ( 32-bit) atau 2 GB (64-bit)
16 GB Harrdisk kosong (32-bit) atau 20 GB (64-bit)
DirectX 9 atau lebih
Graphic Card WDDM 1.0
dalam menginstall Windows 10 sekiranya memperhatikan spesifikasi laptop ya sebelum menginstal agar menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan ~

Adapun Kelebihan dari Windows 10 :
1. Teknologi pada Start Menu. tampilan yang lebih canggih dan membantu penggunanya merupakan kelebihan dari W10 tersebut. 

2. Bisa Menampilkan beberapa aplikasi dalam 1 layar. kelebihan lainnya yaitu bisanya aplikasi berjalan dalam satu layar dan bentuk yang lebih ringkas

3. Penambahan teknologi Virtual Desktop. pada hal ini MICROSOFT memberikan sesuatu hal yang baru pada produk ini. kemampuan untuk membuat beberapa desktop agar tema menjadi berbeda, sekaligus kemudahan untuk berpindah desktop dngan mudah dan cepat. dan memudahkan untuk melakukan pencarian file.

 Sedangkan Kekurangan WINDOWS 10 :
1. Masih banyak Bug disana-sini. karena WINDOWS 10 masih Technical Preview, sehingga memungkinkan masih banyak bug-bug yang belum terdeteksi.
2. Belum Final Secara Desain, Fitur, dan Performa. WINDOWS 10 technical Preview masih dalam proses pengerjaan sehingga memungkinkan penggunanya mendapatai performa yang belum optimal, tampilan yang mirip Windows 8 dan masih banyak fitur yang belum lengkap.
3. Masih Ada Banyak Fitur dan Perubahan. mungkin saat ini masih ada beberapa fitur dan perubahan yang akan ditambahkan atau diperbaiki karena masih ada bug yang didapat.
 dari Kelebihan dan kekurangan diatas, ada beberapa alasan sehingga kita tidak perlu untuk upgrade ke windows 10 ( saat ini ) yaitu :
1. Sistem tidak dapat dijalankan  karena spesifikasi laptop yang tidak memadai.
2. Gratis 1 tahun untuk install. maksudnya, jika lebih dari 1 tahun atau lebih dari itu, maka pengguna akan dikenakan biaya.
3. Windows7 atau Windows8 masih lebih baik.
4. Security Update Windows 7 dan Windows 8 masih akan terus berlangsung. Microsoft memang akan menghentikan update system untuk 2 OS sebelum Windows10 ini, karena update system untuk 2 OS tersebut sebagai berikut :
    * Windows 7 berakhir pada bulan Januari 2020

    * Windows 8 berakhir pada bulan Januari 2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KABEL UTP,KABEL STP,DAN KABEL COAXIAL

PENGERTIAN KABEL UTP   UTP singkatan dari   “Unshielded Twisted Pair”   yaitu jenis kabel ini terbuat dari bahan penghantar tembaga, mempunyai isolasi dari plastik & terbungkus oleh bahan isolasi yang dapat melindungi dari api dan juga kerusakan fisik, kabel UTP sendiri terdiri dari 4 pasang inti kabel yang saling berbelit dimana masing-masing pasang mempunyai kode warna berbeda. Kabel   Twisted Pair Cable   ini terbagi kedalam 2 jenis diantaranya, Shielded dan Unshielded. Shielded adalah jenis dari kabel UTP yang memiliki selubung pembungkus, sedangkan unshielded adalah jenis yang tidak mempunyai selubung pembungkus. Untuk koneksinya kabel jenis ini memakai konektor RJ-45 atau RJ-11.

SISTEM OPERASI-KELUARGA UNIX

2)KELUARGA UNIX   UNIX adalah sistem operasi yang digunakan sebagai sistem operasi baku pada berbagai jenis komputer, terutama komputer mini baik sebagai workstation atau server (sistem yang menyediakan pelayanan pada jaringan). Karena dengan unix sebagai server, berpindah kerja dari satu jenis komputer ke komputer lainnya menjadi mudah.

SISTEM OPERASI-KELUARGA MAC OS(MACINTOSH)

3) KELUARGA MAC OS Mac OS adalah singkatan dari kata Macintosh Operating System. Mac OS diciptakan oleh perusahaan Apple Inc. dengan desain yang elegan tapi mudah digunakan oleh sang pengguna. Mac OS merupakan sistem operasi pertama yang menggunakan Graphical User Interface – GUI. Orang-orang penting pada Macintosh yaitu Bill Atkinson, Jef Raskin dan Andy Hertzfeld. Kata Macintosh diambil dari nama apel kesukaan Jef raskin ,McIntosh. Diperkenalkan pada tahun 1984, dan menjadi salah satu raksasa penguasa Operating System sekarang. Sejak tahun 2006, MAC OS telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86.