Langsung ke konten utama

PERAKITAN KOMPUTER

PERAKITAN KOMPUTER
1)PENGERTIAN BEEP CODE BIOS
     Beep Code merupakan hasil dari tes awal hardware yang dilakukan oleh BIOS computer yang di sebut POST.Power On Self Test(POST) adalah tes yang dilakukan oleh BIOS computer pada waktu pertama kali menyala untuk memastikan semua perangkat keras berfungsi dengan benar dan memenuhi persyaratan minimum system sebelum memulai sisa proses booting
Baca Selengkapnya
     Jika computer berhasil melakukan POST akan mengeluarkan suara beep tunggal(beberapa produsen Komputer BIOS mungkin berbunyi beep 2x) sebagai tanda computer mulai menyala dengan normal.Namun,jika computer gagal melakukan POST,computer tidak berbunyi beep sama sekali,menghasilkan bunyi beep dengan kode tertentu,yang bias memberitahu sumber masalah kepada user.Setiap computer memiliki tampilan HOST BIOS yang berbeda tergantung jenis BIOS yang digunakan pada MoBo.Kadang,POST BIOS ini tidak muncul di layar,tetapi diganti logo merek computer.Dengan men-disable tampilan logo(dari dalam BIOS),maka POST BIOS akan tampil dilayar.
2)JENIS BEEP CODE POST BIOS dan Artinya.
     Bunyi beep code pada setiap computer berbeda beda,tergantung pabrikan computer dan jenis BIOS yang dipakai produsen BIOS secara umum adalah 4 produsen,yaitu:AMI BIOS,AWARD BIOS,IBM BIOS,PHONIX BIOS,sera MAC BIOS untuk computer produksi Apple yang menggunakan system operasi Macintosh.berikut ini beberapa table beep code dari masing masing produsen  BIOS dan arti dari beep code tersebut untuk memudahkan penyebab kerusakan pada sebuah pc.
AMI BIOS BEEP CODE
Berikut adalah kode beep AMI BIOS yang dapat terjadi.Namun,karena berbagai computer yang berbeda menggunakan BIOS ini,beep code mungkin bervariasi.
KODE BEEP
PENGERTIAN
1x bunyi beep pendek
DRAM refresh failure
2x bunyi beep pendek
Parity circuit failure
3x bunyi beep pendek
Base 64k RAM failure
4x bunyi beep pendek
System timer failure
5x bunyi beep pendek
Process failure
6x bunyi beep pendek
Keyboard controller gate Azo Error
7x bunyi beep pendek
Virtual mode expection error


8x bunyi beep pendek
Display memory read/write test failure
9x bunyi beep pendek
ROM BIOS checksum failure
10x bunyi beep pendek
CMOS shutdown read/write error.
11x bunyi beep pendek
Cache memory error
1x bunyi beep panjang,3x beep pendek
Conventional/Extended memory failure
1x bunyi beep panjang,8x beep pendek
Display/retrace test failed.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KABEL UTP,KABEL STP,DAN KABEL COAXIAL

PENGERTIAN KABEL UTP   UTP singkatan dari   “Unshielded Twisted Pair”   yaitu jenis kabel ini terbuat dari bahan penghantar tembaga, mempunyai isolasi dari plastik & terbungkus oleh bahan isolasi yang dapat melindungi dari api dan juga kerusakan fisik, kabel UTP sendiri terdiri dari 4 pasang inti kabel yang saling berbelit dimana masing-masing pasang mempunyai kode warna berbeda. Kabel   Twisted Pair Cable   ini terbagi kedalam 2 jenis diantaranya, Shielded dan Unshielded. Shielded adalah jenis dari kabel UTP yang memiliki selubung pembungkus, sedangkan unshielded adalah jenis yang tidak mempunyai selubung pembungkus. Untuk koneksinya kabel jenis ini memakai konektor RJ-45 atau RJ-11.

SISTEM OPERASI-KELUARGA UNIX

2)KELUARGA UNIX   UNIX adalah sistem operasi yang digunakan sebagai sistem operasi baku pada berbagai jenis komputer, terutama komputer mini baik sebagai workstation atau server (sistem yang menyediakan pelayanan pada jaringan). Karena dengan unix sebagai server, berpindah kerja dari satu jenis komputer ke komputer lainnya menjadi mudah.

SISTEM OPERASI-KELUARGA MAC OS(MACINTOSH)

3) KELUARGA MAC OS Mac OS adalah singkatan dari kata Macintosh Operating System. Mac OS diciptakan oleh perusahaan Apple Inc. dengan desain yang elegan tapi mudah digunakan oleh sang pengguna. Mac OS merupakan sistem operasi pertama yang menggunakan Graphical User Interface – GUI. Orang-orang penting pada Macintosh yaitu Bill Atkinson, Jef Raskin dan Andy Hertzfeld. Kata Macintosh diambil dari nama apel kesukaan Jef raskin ,McIntosh. Diperkenalkan pada tahun 1984, dan menjadi salah satu raksasa penguasa Operating System sekarang. Sejak tahun 2006, MAC OS telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86.